Rabu, 14 April 2010

Potensi hidup manusia

Ada sebuah penelitian menarik yang diadakan oleh Benyamin s. Bloom, professor pendidikan dari universitas chicago. Dia menemukan fakta yang cukup mengejutkan:
- Ternyata 50% dari semua potensi hidup manusia terbentuk ketika kita berada dalam kandungan sampai usia 4 tahun.
- Lalu 30 % potensi berikutnya terbentuk pada usia 4 – 8 tahun.

Ini berarti 80% potensi dasar manusia terbentuk di rumah, justru sebelum mulai sekolah. Akan seperti apa kemampuannya, nilai-nilai hidupnya, kebiasaannya, kepribadiannya, etika, dan sikapnya … semua 80% tergantung pada orang tua. Sadar atau tidak. Baik “dibentuk” secara sengaja atau pun tidak sengaja!

Artinya, siapa kita atau akan jadi siapa anak kita, akan bagaimana cara berpikir dan bersikapnya ditentukan sepenuhnya oleh informasi dan pengetahuan apa yang tersimpan di otak bawah sadar. Panca indera adalah pintu masuk yang langsung masuk ke pusat kecerdasan anak. Apapun yang kita dengar, apapun yang kita lihat, apapun yang kita rasakan, semua langsung tersimpan di otak bawah sadarnya. pernah tidak kita menyadari akan hal ini. ternyata kita adalah hasil dari sebuah proses yang telah terjadi dari didikan orang tua kita. mungkin kita merasa saat ini kita adalah produk gagal. kita adalah hasil dari kesalahan didikan orang tua kita. tetapi kita tidak perlu menyesal terlalu lama, karena siapapun kita saat ini, kita adalah pribadi yang sangat berharga bagi Tuhan.

nah mumpung belum terlambat bagi saya yang belum menikah dan belum punya anak, tentunya saya akan berusaha membuat perubahan bagi generasi dibawah saya. tentunya tidak berdasarkan kekuatan atau kemampuan saya tetapi semua berdasarkan pimpinan dan anugerah Tuhan. dari informasi yang didapat ini tentunya juga akan meolong pembaca untuk berhati-hati dalam membesarkan anak apalagi bila anaknya saat ini dalam usia o-8 tahun. tentunya anda dan saya tidak mau bila anak kita mengalami degradasi moral oleh karena didikan yang salah dari orang tua. mari kita berubah untuk perubahan yang akan datang

Tidak ada komentar: