Sabtu, 22 Maret 2008

Memilih Teman

Dalam hidup ini manusia tidak bisa hidup sendirian. Manusia adalah mahkluk sosial bukan individualis. Manusia membutuhkan lingkungan untuk mereka berkembang dan mengapresiasikan karya mereka. Manusia membutuhkan teman. Mungkin teman itu hanya sekedar masuk dalam hati kemudian keluar lagi dan tidak pernah kembali. Hal ini membuktikan bahwa setiap manusia pasti berteman.
Namun dalam hidup ini, sering kita merasa bahwa kita salah memilih teman. Kita menganggap teman itu selalu menyulitkan dan tidak bisa diajak bekerja sama bahkan teman bisa menjerumuskan hidup kita. Tapi sesungguhnya teman itu mempunyai banyak keunggulan.
Saya kasih contoh :Dalam dunia olah raga tinju, seorang petinju mempunyai teman untuk berlatih (sparing partner, lawan bertinju dalam latihan-latihan persiapan). Mereka berlatih dengan sungguh-sungguh dan dengan kekuatan penuh. Seorang petinju berlatih dengan beberapa sparing partner yang masing-masing mempunyai keistimewaan tertentu secara bergantian agar ia dapat menguasai dan mengalahkan bermacam-macam taktik dan keahlian lawan kelak dalam pertandingan yang sebenarnya. Seorang teman adalah sparing partner kita untuk maju. Mungkin dia membuat pukulan yang keras kearah kita namun itu melatih kita. Pukulan itu membuat kita kuat apabila menerima pukulan yang sama. Kita juga bisa mengetahui seberapa jauh kekuatan teman kita, taktik apa yang digunakan dan itu sangat menolong kita untuk mengahdapi teman tang bertipe sama seperti ini. Karenanya jangan takut mempunyai teman. Seorang teman dipersiapkan untuk menolong kita, mengasah kita, dan mempersiapkan kita untuk menghadapi teman yang mungkin bisa menjatuhkan kita.Kalau kita mempunyai banyak teman maka bersyukurlah kita karena mereka telah dipersiapkan untuk menguji diri kita dan kalau kita hanya mempunyai sedikit teman juga kita harus bersyukur. Besi menajamkan besi, manusia menajamkan manusia. Pesan saya adalah kelilingilah diri kita dengan teman2 yang dapat menolong, mengasah hidup kita. Dalam hal ini carilah sparing partner yang baik supaya hidup kita dikemudian hari akan menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar: