Selasa, 23 Juni 2009

Pencurian baut

Anakku, ayah baru saja menonton berita. Isi beritanya tentang pencurian yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab di lokasi jembatan suramadu. Lucu sekali karena jembatan itu baru saja diresmikan beberapa minggu yang lalu. Polisi bilang pencuri tersebut melakukan aksinya di malam hari ketika tidak ada penjaga atau pengawas yang bertugas di atas jembatan.
Hmm… anakku, di jaman ini memang banyak sekali hal-hal yang rasanya itu sulit diterima oleh akal.. contohnya kasus pencurian ini. Lah jembatan ini digunakan untuk kepentingan umum eh malah perlengkapan-perlengkapan (inventory) jembatan malah diambil, nanti kalau jembatan rubuh gmana ya hehe…
Ada juga yang ambil baut di lintasan kereta api, menara-menara listrik, pemancar, atau tempat-tempat yang banyak bautnya.. ayah gak tahu apa mereka tidak berpikir keselamatan orang lain ketika mereka melepas baut-baut itu? Gmana keadaan lintasan kereta kalau bantalan relnya kendor? Gmana kekuatan pemancar kalau penopang-penopangnya mulai lunglai? Ya itulah keadaan di jaman ayah..
Saya harap masalah ini tidak terus berlanjut sampai jaman kamu ya nak…bangsa ini sudah sangat terbelakang dalam hal disiplin. Semoga dimasa mendatang akan muncul generasi-generasi yang bertanggung jawab akan keadaan diri dan sekitarnya.

Tidak ada komentar: