Jumat, 15 Februari 2008

Karya yang baik

Di sore hari yang sejuk, Andi duduk di ruang keluarga sambil mengerjakan tugas menggambarnya. Dia terlihat senang dengan tugasnya. itu dikarenakan dia menyukai pelajaran menggambar. Andi baru kelas 1 sd. Andi tidak sendiri. Papanya menemani dia mengerjakan tugas tersebut. Sesekali Andi bertanya tentang karyanya kepada papanya. Dia bersemangat, karena dia ingin membuktikan kepada papanya bahwa dia pandai menggambar.
“Pa, lihat gambarku, bagus tidak?”
“Bagus sekali Andi” sahut papanya, “tapi an, pensil warnamu lebih baik diraut dulu. Papa lihat warnanya sudah mulai buram. Nanti kalau diraut warnanya pasti tambah bagus.”
“Tidak usah pa, ini masih bisa dipakai kok” jawab Andi.
Namun, tidak lama kemudian, ”Kok jadi jelek ya Pa warnanya”. Andi mulai bingung.
Papanya tersenyum “Iya, itu karena kamu tidak meraut lagi pensil warnanya. Coba kamu raut lagi pasti hasilnya jadi berbeda”. Kemudian Andi meraut pensil warnanya.
“Iya Pa, jadi bagus hasilnya.” Seru Andi dengan riang.

Cerita diatas menggambarkan realita hidup yang sedang kita jalani. Terkadang dalam hidup ini kita selalu ingin menghasilkan karya yang indah, yang baik dan bisa dihargai oleh orang banyak. Namun kita lupa bahwa kemampuan kita itu terbatas. Sebanyak apapun karya yang dihasilkan bila hasilnya selalu sama maka karya itu akan menjadi hambar. Untuk menghasilkan karya yang luar biasa kita harus terus belajar. Kita harus mengasah diri kita supaya bertambah runcing dan tajam.
Karya Andi memang bagus tapi pensil warna yang dia gunakan terbatas. Untuk mendapatkan warna yang bagus pensil warnanya harus diasah/diraut terlebih dahulu supaya menghasilkan warna yang baik.
Karya yang kita buat memang baik tapi kemampuan kita terbatas. Untuk mendapatkan kemampuan yang lebih baik kita harus diasah terlebih dahulu. Kita harus diasah dahulu. Mungkin di dalam sekolah, keluarga, atau masyarakat. Bagaimana caranya?
Bisa melalui masalah-masalah, kelompok-kelompok diskusi, seminar, workshop, retreat dan sebagainya. Jangan takut untuk mengasah diri karena dengan mengasah diri kita akan menghasilkan karya yang baik dan dipandang indah oleh orang lain.

Tidak ada komentar: